1. Home
  2. Berita

Jepang Jajaki Potensi Investasi di Banyuwangi

19 Juni 2015

BANYUWANGI – Kemajuan yang dicapai oleh Banyuwangi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir telah menarik banyak pihak untuk berinvestasi. Tidak ingin ketinggalan, pemerintah Jepang juga mulai menjajaki potensi penanaman modal di Daerah Ujung timur pulau Jawa ini. Salah satu perwakilan pemerintah Jepang di Indonesia dari Matsui Glocal, Kazuhisa Matsui, secara khusus menemui Bupati Abdullah Azwar Anas, untuk memperoleh gambaran potensi investasi di ruang kerja Bupati, Kamis (18/12).

Kazuhisa Matsui yang hadir didampingi oleh deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember ini menyampaikan  saat ini investasi Jepang yang masuk di Indonesia masih berada di seputaran Jabodetabek dan didominasi oleh sektor otomotif. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut karena minimnya informasi yang dimiliki oleh para pengusaha Jepang baik tentang iklim investasi di  daerah dan potensi bidang usaha lain yang bisa dikembangkan.

“Informasi di Jepang memang sangat minim terkait industrialisasi di daerah-daerah di Indonesia. Karena itu informasi yang akurat tentang berbagai potensi di daerah harus digali lebih lanjut untuk menambah wawasan para pengusaha Jepang.” kata Matsui.

Saat ini, lanjut Matsui, Banyuwangi menjadi salah satu daerah yang sangat baik perkembangannya baik iklim investasi maupun pertumbuhan ekonomi. Bahkan Matsui mengaku memiliki informasi tentang pertumbuhan ekonomi Banyuwangi yang diatas rata-rata nasional dan tingkat inflasi terendah di Jawa Timur.

Sebelumnya, kata Matsui, pihaknya juga telah mendengar beberapa potensi unggulan Banyuwangi seperti  agro industri dan hasil laut yang menjadi keunggulan Banyuwangi. Untuk itu pihaknya pun sangat tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang kedua potensi tersebut juga potensi lainnya yang bisa dikembangkan. Matsui pun mengungkapkan bentuk kerjasama kedepan tidak hanya sekedar untuk meningkatkan produksi tapi juga pembangunan industri pengolahan bahan setengah jadi sebelum dilemparkan ke pasaran.

“Melalui penjajakan ini kami tidak hanya sekedar melihat iklim investasi yang berkembang tapi juga bisa mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan. Misalnya kami juga akan memfasilitasi pengusaha Banyuwangi yang ingin mengekspor produknya ke Jepang,” kata Matsui.

Mendengar maksud kedatangan Matsui, Bupati Abdullah Azwar Anas langsung memberikan pemaparan tentang berbagai potensi yang dimiliki Banyuwangi. Saat ini, terang Bupati,  Banyuwangi telah memiliki kawasan industri di kecamatan Wongsorejo. Infrastruktur pun terus dibangun guna mendukung jalannya industri seperti infrastruktur baik fisik maupun inteknologi informasi , melalui pemasangan fiber optik dan broadband yang akan dikembangkan tahun 2015. Fasilitas listrik juga tanpa kendala sedangkan untuk kebutuhan air akan disupport oleh Waduk Bajulmati yang saat ini  tengah dibangun.

“Aksesesibilitas juga sangat terjangkau dengan adanya bandara, pelabuhan dan fasilitas double track yang akan dibangun oleh pemerintah pusat.,” kata Bupati sambil menunjukan peta lokasi kawasan industri.

Selain memiliki kawasan industri, peluang lain yang ditawarkan adalah bidang pariwisata. Dengan konsep ecotourism yang diusung oleh Banyuwangi, Bupati membuka kesempatan bagi investor Jepang yang ingin mengembangakan hotel dengan konsep kembali ke alam.

“Kami masih kekurangan kurang lebih 1000 kamar hotel dengan konsep alami seperti hotel-hotel di Ubud Bali. Menurut kami ini adalah peluang yang cukup menjanjikan bagi pengusaha Jepang,” kata Bupati.

Selain itu di bidang agroindustri, Banyuwangi memiliki beberapa potensi seperti  buah naga, jeruk, dan manggis .  Selain itu investasi di bidang perikanan yang saat ini berpusat di Muncar juga masih memiliki prospek yang positif.  “Nanti bisa dibahan lebih lanjut apa yang bisa dikembangkan dari semua potensi tersebut,” kata Bupati.

Sementara itu Matsui menambahkan informasi potensi investasi yang didapatkannya dari Banyuwangi ini akan dipresentasikan di Jakarta dan Tokyo. (Humas Protokol)

 

Sumber : www.banyuwangikab.go.id